Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Soasio   Klik Untuk Mendengarkan Teks Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Soasio Pendukung Pengguna Difabel

Simulasi Pemadam Kebakaran bekerjasama dengan Unit Pemadam Kebakaran Kota Tidore Kepulauan

on Thursday, 22 June 2017. Posted in Berita

 IMG 0100

Tidore, 21 Juni 2017, Pengadilan Negeri Soasio melakukan kegiatan Simulasi Pemadam Kebakaran berkerja sama dengan Unit Pemadam Kebakaran Kota Tidore Kepulauan. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Soasio, seluruh tenaga honorer dan para hakim. Anggota Pemadam kebakaran yang datang untuk memberikan simulasi pemadam kebakaran yaitu

  • Bapak Amir Soleman, S.Sos., selaku Kasi Pelatihan dan Pencegahan Kebakaran
  • Bapak Abubakar Djafas, S.AP., selaku Kasi Penanggulangan Kebakaran
  • Bapak Ramli Hi. Kamari, selaku Staf Pemadam Kebakaran

damkar1

Kegiatan diawali dengan penyampaian informasi mengenai awal mula terjadi kebakaran, apa yang menyebabkan kebakaran, bagaimana penyebaran api, sampai dengan bagaimana cara penanggulangannya dan pertolongan pertama jika terjadi kebakaran.

Menurut Bapak Amir Soleman yang biasa disapa dengan bapak Miros berkata, bahwa 80% terjadi kebakaran di Kota Tidore disebabkan oleh arus pendek listrik atau konsleting listrik dan terjadi pada kompor. Bapak Miros menghimbau agar selalu waspada dan jangan sampai lalai untuk mematikan kompor jika sudah selesai digunakan dan selalu memastikan kembali jika akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Beliau juga meminta kepada seluruh pegawai dan Hakim agar selalu memeriksa keadaan sambungan listrik atau kabel listrik dirumah dengan meminta bantuan kepada pihak yang ahli dalam urusan kelistrikan.

damkar2

Setelah memberikan penjelasan mengenai masalah-masalah kebakaran, beliau melanjutkan dengan mengenalkan alat pemadam api ringan (APAR), beliau menjelaskan berbagai macam ukuran tabung APAR, jenisnya sampai dengan cara penggunaannya. Bapak Miros lebih menekankan kepada security Pengadilan Negeri Soasio agar lebih menguasai teknik menggunakan dan cara kerja dari tabung APAR, agar jika terjadi kebakaran para security sudah siap dalam melakukan tindakan pencegahan pertama.

damkar3

Selanjutnya Bapak miros beserta anggota pemadam kebakaran mengajak untuk melakukan simulasi dihalaman kantor Pengadilan Negeri Soasio. Kegiatan yang pertama dilakukan adalah memadamkan api menggunakan tabung APAR, dimulai dengan bagaimana cara menggunakan, cara melepas segel, cara menyemprotkan APAR, dan cara meletakkan APAR. Lalu setelah semua mencoba menggunakan tabung APAR untuk memadamkan API, selanjutnya bapak Miros beserta anggota mengajarkan bagaimana untuk memdamkan api menggunakan selang dari mobil pemadam kebakaran.

damkar4

Kegiatan simulasi pemadam kebakaran sudah selesai, dan diakhiri dengan serah terima tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebanyak 5 tabung 6 Kg ke Pengadilan Negeri Soasio, yang diwakilkan oleh Bapak Sekretaris, Fatah Manan. Alat tersebut dipinjamkan oleh Unit Pemadam Kebakaran Kota Tidore Kepulauan untuk diletakkan di Pengadilan Negeri Soasio, dengan membayar Retribusi untuk perawatan alat APAR selama jangka waktu 5 tahun.

damkar5

Klik Untuk Mendengarkan Teks Pendukung Untuk Pengguna Difabel